Senin, 21 September 2015

CARA MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA TAMBAK DAN PERIKANAN



CARA MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA TAMBAK DAN PERIKANAN

     Setelah sebelumnya saya menulis tentang CARA MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA BUAH-BUAHAN, maka kali ini saya akan mengupas bagaimana cara menggunakan pupuk organik cair pada tambak dan perikanan.

Pupuk organik cair riogen juga bisa digunakan untuk tambak dan perikanan. Cara memakainya adalah sebagai berikut :
a.       Pengolahan lahan
Setelah tanah dibalik, semprotkan pupuk riogen secara merata pada dasar tambak/kolam (becek ). Tahap ini diperlukan 2 liter pupuk riogen per hektar.  Setelah penyemprotan, biarkan selama 3 hari. Hal ini bertujuan untuk menguraikan sisa pakan atau kotoran ikan dari budidaya terdahulu serta menekan perkembangan bakteri patogen pada dasar tambak atau kolam.
b.      Pengisian air
Setelah 3 hari, masukkan air secara bertahap. Saat ketinggian air mencapai 10-20 cm, berikan pupuk cair riogen secara merata pada tambak atau kolam ( 2 liter riogen per hektar ) dan biarkan selama 2-3 hari. Setelah itu masukkan air sampai mencapai ketinggian tertentu. Hal ini bertujuan untuk memacu tumbuhnya plankton dan klakep sebagai pakan alami udang atau ikan. Jika semua selesai, benih siap ditebarkan.
c.       Pemeliharaan/Pembesaran
Setelah  benih ditebarkan, berikan pupuk cair riogen secara bertahap pada tambak atau kolam. Setiap pemberian dibutuhkan 2 liter riogen per hektar. Dosis pemberian riogen untuk tambak pada masing-masing budidaya adalah sebagai berikut :
-kedalaman air 40 cm-70 cm dosisnya adalah 0.8 s/d 1 liter riogen ( 1 kali aplikasi )
-kedalaman air 60 cm-120 cm dosisnya adalah 1.4 s/d 2 liter riogen ( 1 kali aplikasi )
       d. Campuran pakan
Dosis 10 ml riogen :  max 3 kg pakan.
           1 liter riogen untuk 300 kg pakan ( tambahkan air secukupnya untuk merendam pakan ). Diamkan selama  10 menit kemudian dianginkan. Setelah itu pakan siap diberikan.
Demikian artikel tentang Cara menggunakan pupuk organik cair riogen pada tambak dan perikanan, semoga bermanfaat...!

Tidak ada komentar: